Atta Halilintar Dikecam Sebut Suara Suami dari Tuhan

Atta Halilintar baru-baru ini kembali menjadi sorotan. Hal ini lantaran pernyataan saat berbincang dengan Ashanty, ibu sambung Aurel Hermansyah. Kepada Ashanty, Atta Halilintar menyebut bahwa suara suami adalah dari Tuhan sehingga istri haruslah menurutinya. Hal tersebut pun lantas ramai menuai kritikan publik. Atta dinilai menjalani nilai-nilai patriarki yang tak sejalan dengan kesetaraan gender. Bahkan Komnas Perempuan pun juga menyayangkan pernyataan Atta Halilintar tersebut.

Mulanya, pernyataan kontroversial Atta tersebut muncul dalam podcast di YouTube The Hermansyah pada 12 Februari 2021, sebelum Atta dan Aurel Hermansyah sah menjadi suami-istri. Atta diwawancarai oleh Ashanti, yang kini menjadi ibu mertuanya. Dalam perbincangan tersebut, Atta mengatakan dirinya telah berdiskusi dengan Aurel terkait prinsip hidup setelah menikah. Menurut Atta, ketika menikah, suara suami adalah dari Tuhan.

“Kalau udah berkeluarga, aku udah kepala keluarga bukan pas waktu tunangan. Izin suami, suara suami adalah dari Tuhan. Kalau aku nggak izin ini, kamu harus nurut, nggak bisa kayak sebelumnya. Istilahnya hidup kamu sudah diserahkan ke laki-laki yang sudah bertanggung jawab atas kamu. Jadi nggak ada perdebatan yang soal-soal kayak gini kayak gitu, nggak kayak kita pas tunangan,” kata Atta Halilintar.



Ucapan Atta itu ternyata memantik kecaman dari Komnas Perempuan. Dilansir dari detik.com, mereka menyebut Atta telah menjadikan keluarga sebagai media untuk melanggengkan patriarki. “Komnas Perempuan tentu prihatin dan kecewa atas pernyataan Atta Halilintar yang patriarkis dan menjadikan lembaga perkawinan atau keluarga sebagai media untuk melanggengkan bentuk-bentuk ketidakadilan gender,” kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah, Rabu (7/4/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *