Miss Eco Indonesia Tuai Kritikan Tak Bisa Jawab Pertanyaan Juri

Ajang Miss Eco International 2021 sudah selesai digelar pada 4 April 2021 kemarin. Tapi ada kejadian yang baru-baru ini menjadi sorotan warganet. Penampilan Miss Eco Indonesia, Intan Wisni Permatasari ramai mendapat kritikan dari warganet. Hal ini lantaran Miss Eco Indonesia tidak bisa menjawab pertanyaan dari dewan juri mengenai imigrasi ilegal secara lugas. Intan Wisni juga memerlukan interpreter saat memberikan jawaban. Miss Eco Indonesia ini tampak begitu gugup dan terbata-bata.

Mulanya, pembawa acara memanggil Intan sebagai perwakilan Miss Eco ke tengah panggung. Sebelum mendengarkan pertanyaan juri, Intan meminta ke pembawa acara untuk disiapkan seorang translator. Tak berapa lama kemudian, seorang pria berjas biru naik ke atas panggung untuk menerjemahkan pertanyaan juri ke dalam bahasa Indonesia dan menerjemahkan jawaban Intan ke dalam bahasa Inggris. Juri pun melontarkan pertanyaan mengenai imigrasi ilegal yang terjadi.

“Imigrasi ilegal adalah di mana suatu negara dan imigrasi yang disetujui dan diperbolehkan oleh negara tersebut, dan memiliki suatu persetujuan like perjanjian sesuatu untuk neagara tersebut dan menghasilkan sesuatu untuk kelegalitasan tersebut termasuk dapam PS…PBB, sorry. Thank you,” jawab Intan yang saat itu tampil memesona dengan balutan gaun putih.



Jawaban Intan langsung diterjemahkan oleh penerjemah yang berdiri di sampingnya. “The illegal imigration is contradiction to the law, who the law that united nation has commited law,” demikian hasil terjemahan penerjemah tersebut. Sontak aksi Intan dan sang penerjemah langsung menuai kritikan dan hujatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *